TANTANGAN MENJAGA PERSONAL SECURITY PRAJURIT DI MEDIA SOSIAL

  • Bambang Trisutrisno

Abstract

Teknologi Media Sosial (Medsos) saat ini telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI). Penggunaan Medsos di kalangan prajurit disatu sisi sangat berguna sebagai media membangun jejaring dan menambah pengetahuan, namun disisi lain sangat riskan seiring besarnya potensi kebocoran informasi pribadi prajurit sebagai aktor pertahanan Negara yang dikenal dengan istilah Personal Security (Persec). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi
pustaka dan penelusuran mendalam terhadap akun-akun prajurit TNI di Medsos, dengan objek penelitian adalah akun-akun prajurit TNI di Medsos. Hasil dari penelitian ini adalah: Markas Besar (Mabes) TNI sudah menerbitkan aturan terkait penggunaan Medsos di kalangan prajurit, namun masih banyak prajurit yang secara sengaja atau tidak sengaja membocorkan Persec melalui akun pribadinya melalui Medsos.

Published
Jun 19, 2017
How to Cite
TRISUTRISNO, Bambang. TANTANGAN MENJAGA PERSONAL SECURITY PRAJURIT DI MEDIA SOSIAL. DEFENDONESIA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 1-8, june 2017. ISSN 2354-6964. Available at: <http://ejournal.lembagakeris.net/index.php/Defendonesia/article/view/58>. Date accessed: 23 nov. 2017.